SMP Muhammadiyah 1 Wangon adalah salah satu sekolah menengah pertama swasta yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sekolah ini berdiri pada tanggal 1 Juli 1986, dengan Surat Keputusan Kanwil Depdikbud Jawa Tengah No : 34 / I03.8.4 / P – 1986. Adapun pendirinya antara lain: M. Husni Thamrin, S. Taufik Hidayat B.A., M. Tarsun Su'aidy, B.A., Mujahidin, B.A. selaku PCM Wangon saat itu.
SMP Muhammadiyah 1 Wangon memiliki alamat di Jalan Raya Utara Wangon, RT/RW: 4/2, Dusun: Klapagading Kulon, Desa/Kelurahan: Klapagading Kulon, Kecamatan: Wangon, Kabupaten: Banyumas, Provinsi: Jawa Tengah, Kode Pos: 53176. Sekolah ini memiliki akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Nomor 02.00/0000/BAN-SM/X/2022.
SMP Muhammadiyah 1 Wangon memiliki visi:
“ Terwujudnya peserta didik yang Beriman, berbudi pekerti luhur dan disiplin dalam belajar serta unggul dalam prestasi dengan menjaga lingkungan yang sehat, tertib, indah dan nyaman"
Sekolah ini memiliki misi sebagai berikut:
Untuk mewujudkan visi sekolah SMP Muhammadiyah 1 Wangon tersebut, diperlukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Misi sekolah SMP Muhammadiyah 1 Wangon yang disusun berdasarkan visi di atas, antara lain sebagai berikut.
Mewujudkan lulusan dengan iman, akhlaq dan budi pekerti yang luhur
Mewujudkan siswa yang mampu membaca Al Qur’an dengan benar dengan fasilits yang memadai.
Mewujudkan mampu berkompetisi dalam kemampuan akademik dan non akademik
Mewujudkan siswa yang selalu mendapatkan kejuaraan dalam lomba-lomba mata pelajaran.
Mewujudkan siswa yang berwawasan Agama, iptek serta berwawasan lingkungan
Mewujudkan siswa yang inovatif, efektif, efisien dan menyenangkan dalam proses pembelajaran abad 21.
Mewujudkan fasilitas pendidikan yang memadai dan mutakhir
Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang bermutu
Mewujudkan pengelolaan sekolah yang profesional
Mewujudkan sistem penilaian yang obyektif dan transparan
Mewujudkan biaya pendidikan yang terjangkau
Mewujudkan budaya santun dan berbudi pekerti luhur
Aktif dalam upaya pelestarian lingkungan
Menjaga kelestarian alam dan tidak merusak lingkungan
Meningkatkan kemandirian dan kemampuan bekerjasama dalam tim
Meningkatkan kepedulian siswa terhadap sesama dan lingkungan
SMP Muhammadiyah 1 Wangon memiliki fasilitas yang cukup lengkap, antara lain:
Ruang kelas yang nyaman dan memadai.
Laboratorium IPA dan Komputer.
Perpustakaan.
Aula.
Lapangan olahraga.
Kantin.
Mushola.
Sekolah ini juga memiliki berbagai ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh peserta didik, antara lain:
Kerohanian IPM, BTQ
Kepanduan Hizbul Wathan/Kepramukaan.
Olahraga Pencak Silat Tapak Suci, sepak bola, bola voli, bola basket, bulu tangkis
Seni drumband, tari,
Sosial PMR
SMP Muhammadiyah 1 Wangon menerapkan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik. Sekolah ini juga memberikan perhatian yang besar terhadap pendidikan karakter. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai agama dan akhlak mulia dalam diri peserta didik.
SMP Muhammadiyah 1 Wangon merupakan salah satu sekolah swasta yang berkualitas di Kabupaten Banyumas. Sekolah ini telah banyak menorehkan prestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik.
Keunggulan Sekolah Muhammadiyah dibandingkan sekolah lainnya:
1. Fokus pada Pendidikan Islami: Sekolah Muhammadiyah menempatkan nilai-nilai Islam sebagai inti dari sistem pendidikannya. Ini memberikan landasan moral dan spiritual yang kuat bagi siswa.
2. Pendidikan Karakter: Al-Islam dan Kemuhammadiyahan membentuk kerangka pendidikan karakter di Sekolah Muhammadiyah, yang mencakup kejujuran, tanggung jawab, dan kepedulian sosial.
3. Peran Kepala Sekolah: Kepala sekolah memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa nilai-nilai ini diterapkan secara konsisten dalam setiap aspek kehidupan sekolah. Mereka harus menjadi teladan dan pengawal nilai-nilai tersebut.
4. Kurikulum Integratif: Sekolah Muhammadiyah mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan pendidikan agama, menciptakan kurikulum yang seimbang antara aspek akademis dan spiritual.
5. Lingkungan Pembelajaran yang Islami: Seluruh kegiatan sekolah diarahkan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengamalan ajaran Islam secara praktis, baik dalam kegiatan akademik maupun non-akademik.